Wednesday, May 19, 2010

Keunggulan Koin Emas Menarik Perhatian Pemerintah Amerika

Keunggulan Koin Emas Menarik Perhatian Pemerintah Amerika

Keunggulan Koin Emas Menarik Perhatian Pemerintah Amerika

Terjual Habis
Koin-koin American Eagle dinyatakan telah terjual habis dan sementara ini belum siap edar kembali dikarenakan permintaan yang kuat. Pesan ini mungkin terdengar bertentangan namun inilah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh US Mint yang memberhentikan secara keseluruhan penjualan koin-koin emasnya. Pada bulan November, diperkirakan sejumlah 124,000 ounce koin Gold Eagle ( 1 troy ounce emas adalah 31,103 gram ) telah terjual. Menurut seorang tokoh resminya, sejumlah 115,500 ounce telah terjual pada bulan Oktober dan September.
Ironisnya , di negeri kelahiran kapitalisme yang mengklaim berada dibawah pengaruh hukum penawaran dan permintaan, cadangannya sama sekali tidak tersedia, paling tidak terkait koin emas. Dalam pernyataan resminya, Mint (pabrik percetakan koin)pemerintah Amerika menyatakan bahwa mereka tidak dapat lagi menyediakan suplai karena permintaan yang terlalu tinggi. Alasannya: terkait kenaikan harga emas dalam beberapa minggu terakhir akibat diborong oleh para pembeli yang tidak dapat mereka hindarkan. Persediaan diperkirakan telah habis terkuras.
“Terkait permintaan koin American Eagle yang tidak diperkirakan sebelumnya, cadangan emas telah habis. Dengan demikian sementara ini kami memberhentikan penjualan koin-koin ini” demikian menurut memorandum yang disampaikan oleh US Mint kepada para penyalurnya. Proses ini juga tidak sepi dari lelucon di mata orang dalamnya, tidak lagi menanyakan apakah mereka masih akan mencetak koin negara, lebih dari itu, tampaknya mereka tidak lagi berkeinginan untuk kembali mencetak dan mengedarkan koin-koin emas lagi.Beberapa saat sebelumnya, percetakan negara membantah penghentian produksi dikarenakan pemborongan masal produk oleh pembeli karena harga emas sempat turun tajam. Saat ini dinyatakan secara resmi bahwa produksi terhenti sama sekali karena harga emas yang sangat tinggi. Alasan ini tampak sangat konyol. Masih menurut orang dalam, sangat terlihat jelas bahwa US Mint ingin agar rakyat Amerika kehilangan peluang untuk mendapatkan koin-koin emas.
Koin-koin American Eagle bagi setiap warga negara Amerika adalah perlambang kekuatan daya beli. Setiap orang mengetahui koin ini. Tidak seperti yang terjadi di Eropa, di dalam negeri Amerika koin emas asing relatif tidak dikenal karena percetakan negara selalu menutupi segala yang diperlukan. Karena percetakan negara hanya menghentikan penjualannya, bukan pencetakannya,yang menjadi pertanyaan adalah kemana perginya koin-koin yang diproduksi pergi? Tampaknya, US Mint ingin secara resmi melakukan penjualan kembali pada pertengahan . Namun akan melahirkan pertanyaan baru lainnya: untuk berapa lama?
Tulisan Sumbangan: Husayn

No comments:

Post a Comment