Wednesday, May 19, 2010

Prediksi Harga EMAS 2010

Prediksi Harga EMAS 2010

Prediksi Harga EMAS 2010

Pertanyaan ini yang paling sering ditanyakan ke saya, jawaban saya selalu sama, bahwa saya tidak tahu – tidak ada yang bisa memprediksi harga emas ke depan secara pasti.
Meskipun demikian, para praktisi pasar biasa menggunakan statistik dan analisanya untuk berusaha memahami apa yang sedang terjadi dan melihat kemungkinannya apa yang akan terjadi kedepan. Para pelaku yang competent dibidangnya tersebut – tidak selalu benar – tetapi biasanya cukup akurat analisanya.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya ambilkan prediksi dari orang yang sangat competent di perdagangan emas dunia karena dia adalah ketua Dewan Emas Dunia – Word Gold Council – Ian Telfer yang saat ini juga chairman dari Goldcorp. Dalam interviewnya dengan TV Fox Business News akhir pekan lalu dengan mantap dia memprediksi (dia menggunakan kata it certainly could get)  harga emas tahun depan akan mencapai US$ 2,000/oz. Dengan asumsi nilai Rupiah yang sama, maka ini berarti harga emas di Indonesia tahun depan akan berada di kisaran harga Rp 600 ribu-an. Klik disini untuk melihat interview tersebut.
Namun perlu diingat bahwa kalau toh seandainya prediksi tersebut benar, terjadinya tidak akan secara langsung. Harga emas kemungkinan besarnya akan berfluktuasi dahulu sebelum mencapai angka tersebut. Jadi sangat tidak dianjurkan untuk berspekulasi dengan harga emas ini artinya, jangan beli emas untuk meraih keuntungan jangka pendek.

No comments:

Post a Comment